Informasi & Berita

SDM

Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kemenko Perekonomian

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis penerimaan Tahun Anggaran 2023 pada tanggal 1 s.d. 7 Maret 2024.

Seleksi PPPK Teknis yang diselenggarakan sejak tanggal 19 September tahun 2023 telah selesai dengan pengumuman hasil akhir pada tanggal 21 Desember 2023 dengan serangkaian seleksi meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan seleksi kompetensi teknis tambahan. Terdapat 359 pelamar untuk 39 (tiga puluh sembilan) formasi yang dibuka dan 27 (dua puluh tujuh) peserta dinyatakan lolos dan diangkat menjadi PPPK Teknis di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terhitung mulai tanggal 1 Maret 2024.

Plt. Kepala Biro Umum, Evita Manthovani, menyampaikan pada pembukaan Orientasi PPPK bahwa orientasi yang dijalani bukan hanya membekali dengan pengetahuan seputar tugas dan tanggung jawab, melainkan juga sarana penanaman nilai-nilai dasar, etika kerja, dan disiplin yang harus menjadi panduan dalam setiap tindakan.

Beliau juga berpesan agar selalu memegang teguh integritas dan berkontribusi dengan penuh dedikasi serta menjadikan momentum ini sebagai langkah awal untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.

Selanjutnya, para PPPK Teknis mengikuti serangkaian pembekalan meliputi pengenalan organisasi dan tata kerja, pembekalan administrasi keuangan, tata naskah dinas yang disampaikan oleh perwakilan dari unit kerja di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Tidak lupa terdapat bimbingan Teknis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kinerja Individu PPPK yang disampaikan oleh Gagas Septian Nurfikri, Analis Kinerja dari Direktorat Kinerja ASN, Badan Kepegawaian Negara. Materi berikutnya berupa nilai-nilai dan Etika ASN oleh Henni Qurratul Aini, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda, Badan Kepegawaian Negara, dilanjutkan dengan Materi Disiplin oleh Anggi Yudhanto, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda, Badan Kepegawaian Negara.

Di samping itu, terdapat pembekalan seputar Perlindungan ASN yang disampaikan oleh Anggia Putri Rambe, Service and Membership Sector Head PT TASPEN (Persero) Jakarta 1, serta pemberian motivasi oleh motivator Kang Febriya Fajri.

Rangkaian Orientasi PPPK Teknis penerimaan Tahun 2023 ditutup dengan serah terima dan penempatan PPPK dari Kelompok Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia ke unit kerja PPPK masing-masing pada tanggal 7 Maret 2024

Kelompok Subtansi Manajemen SDM, BIRO UMUM
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
© 2021. All Rights Reserved.