Informasi & Berita

SDM

PEMETAAN POTENSI DAN KOMPETENSI PEGAWAI
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN TAHAP IV TAHUN 2023

Pada hari Rabu, 26 Juli 2023 merupakan hari pertama pelaksanaan Pemetaan/penilaian Potensi dan Kompetensi Pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahap IV. Pemetaan/penilaian ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara.

 

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni sampai hari Jum’at tanggal 28 Juli 2023, dengan pembagian jumlah peserta pada hari Rabu sebanyak 34 peserta, hari Kamis 27 peserta, dan hari Jum’at sebanyak 19 Peserta, sehingga total keseluruhan adalah 80 Pegawai/ASN.

Pemetaan/penilaian dilakukan dengan menggunakan metode Computer Assisted Competency Test (CACT) yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), sehingga pelaksanaan Pemetaan/penilaian Tahap IV ini dilaksanakan di Gedung CACT, Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jalan Mayjend. Sutoyo No. 12 Cililitan Jakarta Timur.

 

CACT merupakan uji kompetensi berbantu komputer yang bertujuan untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam berbagai bidang tugas atau pekerjaan tertentu. Dengan menerapkan teknologi dan metode evaluasi yang modern. Keunggulan utama dari CACT adalah fleksibilitasnya dalam menyusun soal dan tugas yang relevan dengan kebutuhan setiap pegawai ASN, sehingga CACT menjadi sarana yang efektif untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi serta kualifikasi pegawai ASN.

 

Kompetensi yang akan diukur meliputi:

a.   Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, dengan mengacu pada PermenPAN-RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara;

·       Bagian 1             : Kemampuan Berpikir

·       Bagian 2A-2D     : Kompetensi Manajerial dan Pengelolaan Diri

·       Bagian 3             : Kompetensi Teknis Informasi dan Teknologi (IT)

b.   Emerging Skill / Future skill, merujuk pada The World Economic Forum (2020);

·       Bagian 1 : Soal Situasi 1

·       Bagian 2 : Soal Situasi 2

·       Bagian 3 : Soal Situasi 3

·       Bagian 4 : Soal Studi Kasus

c.   Literasi Digital, mengacu pada SKKNI Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pengoperasian Komputer.

·       Basic: untuk jabatan non Pranata Komputer dan non Manggala Informatika

Digital Skills, Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety

·       Advance: untuk jabatan Pranata Komputer dan Manggala Informatika

Tata kelola dan tatalaksana sistem informasi, Infrastruktur teknologi informasi, Sistem Informasi dan Multimedia

 

 

Pemetaan/penilaian tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi, kompetensi, dan talent pool pegawai di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Kelompok Subtansi Manajemen SDM, BIRO UMUM
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
© 2021. All Rights Reserved.