Informasi & Berita

SDM

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pada tanggal 1 Juni 2024, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024. Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini memiliki maksud yang menyatakan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Upacara dilaksanakan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, bertepat di Graha Sawala, Gedung Ali Wardana. Pada kesempatan ini, Sekretaris Kementerian, Susiwijono, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan mengundang seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Ahli Madya, serta sejumlah pegawai dari unit kerja.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.” Tutur Inspektur Upacara pada saat pemberian amanat dan disimak oleh seluruh peserta Upacara.

Dalam momentum peringatan Harlah Pancasila, Susiwijono mengajak seluruh komponen bangsa, terutama seluruh elemen Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.” Ungkap beliau mengakhiri amanat Inspektur Upacara.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang berlokasi di Loka Sawala.

Tim Kerja Manajemen SDM, BIRO UMUM
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
© 2024. All Rights Reserved.